Ardin Liko; Pegiat Literasi dan Penyanyi Hip-hop Asal Ngada

Ardin Liko; Pegiat Literasi dan Penyanyi Hip-hop Asal Ngada
Foto : Dokumen Pribadi Ardin Liko

Ngkiong.com-Setiap individu memiliki cara untuk berbagi ilmu pengetahuan kepada orang-orang di sekitarnya. Lebih khusus berbagi kepada mereka yang tidak memiliki akses untuk belajar berbagai hal.

Kali ini redaktur Ngkiong kembali mengulas sosok inspiratif yang sederhana, yang memiliki rasa kepedulian terhadap anak-anak di lingkungan sekitarnya bahkan lintas kampung di daerah tempat tinggalnya.

Sosok inspiratif kali ini ialah Yohanes Adrianus Liko (29), anak muda asal Beiposo, Bajawa Flores, NTT. Pria yang biasa disapa Ardin ini mendirikan sebuah lembaga sekolah yang diberi nama NTT School.

Sekolah ini didirikan karena ia memiliki kepedulian terhadap anak-anak dan generasi muda di desanya. Selain itu, karena pandemi Covid-19, hampir semua sekolah memberlakukan proses belajar dari rumah (BDR). Situasi ini membuat banyak siswa dikorbankan.Hal tersebutlah yang kemudian membuat hatinya tergerak untuk mengakomodir anak-anak dan membentuk kelas mini dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Saat ditanyai mengenai output dari anak-anak yang dibentuknya di NTT School. Mantan aktivis PMKRI Cabang Maumere ini menjelaskan, anak-anak yang didampingnya harus memiliki keterampilan khusus, baik itu berbahasa Inggris maupun keterampilan-keterampilan lainnya.

“Output anak-anak dari NTT School ini harus mempunyai keahlian khusus, baik kemampuan berbahasa Inggris, publicspeaking, kemampuan menulis, dan keterampilan menguasai komputer, walaupun masih sebatas pengenalan tahap dasar Microsoft  Word dan Microsoft Excel,” jawabnya melalui pesan tertulis.

Penulis buku Teori Kepribadian Cattell itu menjelaskan inspirasi mendirikan sekolah ini didapat dari pengamalan dan pengamatannya di daerah lain. Ia melihat di luar sana ada begitu banyak anak yang memiliki keterampilan lebih di bidang-bidang tertentu. Ia pun berpikir untuk mengajarkan anak-anak di kampungnya, Beiposo dan anak Bajawa lainnya agar memiliki keterampilan yang sama sehingga kelak mampu bersaing.

Baca Juga: Belajar Mengasihi Dari Empri Magi, Founder Sekolah Alam Dyatame Sumba
Ardin Liko Bersama Anak-anak di NTT School

Berani Berbuat

Alumnus Magister Manajemen di UPN Veteran Yogyakarta itu ingin hidupnya lebih berguna bagi banyak orang terutama bagi mereka yang tidak memiliki akses untuk mendapatkan hal itu. Ia pun menambahkan, seseorang yang mau berkembang dan ingin menjadi besar, harus setia dengan hal-hal kecil.

Ardin mengakui jika dirinya ingin menjadi pembeda dari sekian banyak orang yang berijazah. Menurutnya ijazah adalah sebuah formalitas semata, karena belum tentu setiap orang yang memiliki ijazah ia benar-benar belajar.

“Berani untuk berbuat sesuatu dan menjadi pembeda diantara sekian banyak orang yang berijazah. Menurut saya ijazah itu formalitas semata, hanya tanda orang pernah kuliah, tetapi belum tentu ia belajar. Hal ini yang mendorong saya untuk melakukan sesuatu yang berguna bagi orang lain dengan mendirikan sekolah gratis yang diberi nama NTT School” jelas pria yang juga lulusan Filsafat STFK Ledalero itu.

Apa yang telah dilakukan Ardin disambut baik oleh masyarakat di lingkungan sekitar. Hal itu ditandai dengan antusiasme orang tua yang mendorong anak-anaknya untuk bergabung di sekolah ini. Saat ini anak-anak yang tergabung pada sekolah yang berdiri pada momen hari lahir Pancasila, 1 Juni 2020 ini  telah mencapai 480 orang. Mereka tersebar di empat cabang di kabupaten Ngada.

Baca juga: Mengenal Anes, Anak Manggarai Juara Dunia Seni Lukis Prasi

Harapan Ardin Liko Untuk Anak-anak NTT School dan Pemuda NTT

Pendiri Ruang Preneur Indonesia ini berharap anak-anak yang didampinginya bisa berguna untuk nusa dan bangsa. Ia pun bermimpi agar mereka bisa menjadi generasi muda yang diunggulkan dan peka terhadap situasi lingkungan sosial serta memiliki nilai moral yang baik.

“Harapan saya untuk anak-anak di NTT School baik dari tingkat TK, SD, SMP, SMA maupun Mahasiswa, semoga suatu saat nanti mereka bisa berguna bagi nusa dan bangsa, menjadi generasi unggul yang peka terhadap situasi di lingkungan masing-masing dan mempunyai moral yang baik” terangnya lebih lanjut.

Selain memiliki harapan untuk anak-anak yang didampinginya di NTT School, tenaga ahli DPRD kabupaten Ngada ini memiliki harapan untuk anak muda NTT. Ia menaruh harapan besar untuk anak muda yang memiliki keterampilan agar bisa peduli terhadap dunia pendidikan dan bisa berbagi keterampilan yang mereka miliki.

“Harapan saya untuk anak muda Ngada dan NTT pada umumnya yang saat ini belum bergerak untuk memajukan literasi anak di NTT, semoga suatu saat nanti ada anak-anak Ngada dan NTT yang peduli dunia pendidikan, atau bisa menjadi relawan seperti 13 orang relawan yang sudah bergabung di NTT School untuk membimbing anak-anak. Harapan lainnya, silakan anak-anak muda Ngada maupun NTT pada umumnya untuk berkreasi positif untuk memajukan daerah masing-masing dan berguna bagi orang lain” jelas alumnus SMAK Regina Pacis Bajawa itu saat ditanyai mengenai harapannya untuk anak muda di NTT.

Anak-anak di NTT School Pose bersama setelah kegiatan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Penyanyi Hip-Hop

Tidak hanya sebagai pegiat literasi, ternyata Ardin adalah seorang penyanyi hip-hop yang namanya sudah dikenal luas oleh pecinta hip-hop tanah air.

Ia sudah mulai tertarik di bidang seni suara sejak tahun 2011 lalu. Lagu yang sudah dirilis baik single maupun yang berkolaborasi berjumlah 60-an lagu. Lagu-lagu yang diciptakannya sudah akrab di telinga masyarakat dan banyak dicintai oleh anak muda, karena lirik-liriknya yang sangat menyentuh.

Lagu-lagunya bisa ditemukan di berbagai platform musik, baik itu spotify maupun di Youtube pribadinya Chiro Mc. Di dunia musik, ia lebih dikenal dengan nama panggung Chiro MC. Lirik lagu yang ia ciptakan banyak mengangkat tema cinta, sosial, dan budaya.

Oleh: Donatus Juito Ndasung

Bagikan Artikel ini

2 thoughts on “Ardin Liko; Pegiat Literasi dan Penyanyi Hip-hop Asal Ngada

  1. Reply
    Yuliana Sartika Sila (Lian)
    30/07/2021 at 11:13 am

    M3nurut saya, ini merupakan suatu bentuk inspirasi bagi anak bangsa untuk terus berkembang dan berani dalam mengambil langkah yang tepat. Semoga kegiatan ini terus menjadi motivasi bagi kita semua. Salam sukses selalu.

  2. Reply
    Yuliana Sartika Sila (Lian)
    30/07/2021 at 11:16 am

    Kegiatan yang luar biasa dan sqngat mengagumkan. Bagi saya, hal seperti ini menjadi dorongan agar terus belajar dan mampu mengembangkan ket3rampilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Google Analytics Stats

generated by GAINWP